Jumat, 17 Agustus 2012

chatting

Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.

Chatting tidak hanya populer kalangan remaja saja namun sekarang ini, sudah merambah kalangan dewasa bahkan orang tua sekalipun. Dengan chatting, kita bebas mengobrol apa saja mulai dari pekerjaan kantor, persahabatan, pelajaran sekolah, mata kuliah, percintaan & perjodohan, sampai dengan hal bersifat pribadi sekali pun. Saking bebasnya kadang-kadang membuat chatter-chatter kebablasan tanpa kontrol yang mungkin dapat membuat chatter lainnya marah dan tersinggung. Walaupun pada saat chatting, tidak terjadi tatap muka secara langsung, namun hal itu seharusnya tidak membuat para chatter meninggalkan etika ketimuran seperti dalam pergaulan pada umumnya.

 A) Cara Chatting :

a. Chatting di yahoo messenger (panduan chatting di yahoo)
- banyak fasilitas tambahan seperti audible (gambar animasi yang lucu dan disertai suaraisa melihat) , emoticon /emotion ikon atau versi indonesia mungkin icon yang imut (gambar kepala kartun) , environment (mengubah background window/tampilan YM), video chat, dll
-Bisa memilih teman chatting yang belum terdaftar di contact/list yahoo messenger

b. Chatting di Facebook (panduan chatting di facebook)
- hanya bisa chatting dengan teman yang sudah terdaftar sebagai friend
- tombol emoticons facebook belum ada jadi harus mengetiknya di kotak teks
- aplikasi chat-nya tidak ada iklannya, jadi agak ringan loadingnya.

 B) Etika Chatting :


Dalam chating ada beberapa atauran yan harus diperhatikan diantara nya :
<!--[if !supportLists]-->v<!--[endif]-->Jangan pernah memberikan informasi pribadi apapun seperti nomor telpon rumah alamat rumah dan lain – lain kepada orang yang belum anda kenal betul.
<!--[if !supportLists]-->v<!--[endif]-->Jangan pernah menggunakan nama asli sebagai nickname anda.
<!--[if !supportLists]-->v<!--[endif]-->Jangan pernah berjanji untuk bertemu dengan seseorang yang satu kota dengan anda apa lagi luar kota sebelum anda tidak benar – benar mengenal orang tersebut.
<!--[if !supportLists]-->v<!--[endif]-->Jangan pernah mengetik percakapan menggunakan HURUF BESAR, karena anda dianggap sebagai teriakan.
<!--[if !supportLists]-->v<!--[endif]-->Jangan pernah kata – kata anda berisi informasi yang tidak bermakna, seperti menekan enter berulang kali.
<!--[if !supportLists]-->v<!--[endif]-->Jangan pernah menggunakan kata – kata yang tidak senonoh (tidak sopan), karena hal ini membuat anda akan di tendang oleh operator channel tersebut, sehingga anda tidak bergabung lagi.
<!--[if !supportLists]-->v<!--[endif]-->Jangan pernah melayani temanchating yang menggunakan kata kasar atau tidak sopan.

SUMBER :  http://leehyongseok.blogspot.com/2012/08/chatting.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar